Menyusuri Jalanan Ibukota

Tanggal 18-21 Agustus 2015 ini, saya berkesempatan untuk menyusuri jalanan ibukota. Alhamdulilah saya dapat mengunjungi ibukota lagi setelah terakhir saya ke jakarta pada akhir tahun 2011an. Edisi menyusuri jalanan ibukota ini berbeda dengan episode terdahulu. Kali ini saya mengawali perjalanan dari ujung jawa timur, jadinya saya harus menggunakan kereta sebanyak dua kali.

Kereta pertama, saya menggunakan kereta mutiara timur siang, menuju surabaya gubeng. Kesan-kesan menggunakan kereta ini dari segi kebersihan bagus, cuma menurut saya kereta ini lambat dan sering berhenti di stasiun “kecil” sehingga perjalanan menjadi lama.

Kereta kedua, saya menggunakan bangunkarta, menuju gambir. Kesan-kesan menggunakan kereta ini adalah super exclusive. Dari segi kebersihan oke, dari segi pelayanan oke, penyaji makanannya juga cantik-cantik, keretanya cepet, pokoknya semuanya memuaskan. Hanya saja, tarif keretanya “lumayan” mahal, kalau ditambah 100rb an sudah bisa naik pesawat tuh.

Tentu saja saya punya alasan tersendiri, mengapa harus menggunakan kereta api. Estimasi saya saat itu hanya mengikuti jadwal agenda di jakarta. Acaranya dimulai tanggal 19 agustus 2015 sekitar pukul 08.00-09.00 WIB, nah kebetulan jam kereta pertama dan kereta kedua tidak begitu lama, jadinya saya memutuskan untuk menggunakan kedua kereta tersebut.

Kereta kedua ( bangunkarta ) tiba di stasiun gambir sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu hari masih gelap, saya pun tidak punya saudara di jakarta, ada satu tetapi di depok. Berhubung masih gelap, akhirnya saya memutuskan untuk “nongkrong” di toko retail di sekitaran stasiun. Banyak juga yang nongkrong di area toko untuk menunggu pagi atau sekedar menunggu jemputan dari saudara/teman.

Gambir Pagi Hari

Stasiun gambir mempunyai fasilitas yang bagus, pelayanan bagus, dan keamanan juga bagus. Bosan karena cuma duduk-duduk aja, akhirnya saya jalan-jalan pagi keliling monas (orang ndeso). Jalanan ibukota saat itu masih sepi, enak sekali buat jalan-jalan (apalagi car free day ya?). Jalan-jalan hanya sampai 30 menitan, akhirnya saya pakai ojek menuju ke peninsula untuk menghadiri acara.

Tiba di lokasi ternyata masih sepi karena masih pukul 07.30, akhirnya saya memutuskan untuk ke mushola dan istirahat sebentar.

Monas di Pagi Hari

Acaranya pun dimulai jam 09.00, dan saya berjumpa dengan orang-orang yang mayoritas bekerja di instansi yang bagus. Ada yang dari kemenhan, polda metro jaya, XL Axiata, Telkom, dan masih banyak yang lain. Mayoritas peserta adalah undangan dari event yang sama pada tahun lalu.

Menyusuri Ibukota

Materi pada acara hari pertama yaitu malware analysis dan pcap analysis. Temanya bagus namun dalam penyampaiannya, kurang begitu keras nadanya. Setelah materi selesai kemudian dibentuk team yang nantinya akan dilombakan di hari kedua. Anggota team juga diacak oleh panitia sehingga satu team saya terdiri dari orang yang baru kenal semua (keren sekali, nambah relasi).

Hari kedua, kompetisi diadakan di bogor jungle festival, semacam lokasi outdoor, yang asiknya sebenarnya untuk outbond bukan untuk ngerjakan tantangan soal :p

Untuk soal dan tantangannya ada di flashdisk, mohon maaf belum bisa upload karena saya ndak sempat ngopi 😦

Selesai hari kedua, saya memutuskan untuk mampir ke rumah orang tua menggunakan kereta sawunggalih malam (menghemat pengeluaran). Senin 24 Agustus 2015 akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke kota rantau menggunakan kereta logawa.

Secara keseluruhan di perjalanan ini :

• jakarta makin macet
  • jakarta makin ramai
  • jakarta makin mahal
  • enaknya, segala sesuatu atau kebutuhan itu hampir semuanya ada kalau (di jakarta) 🙂
  • nambah pengalaman baru
  • nambah relasi lagi

Sampai jumpa lagi djakarta, semoga berkesempatan mampir lagi di acara selanjutnyaa…. 😀